Rabu, 26 Agustus 2015

Evaluasi Pembelajaran 2

A.               PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT!

1.       Pernyataan berikut ini yang menunjukkan pengertian Negara menurut Karl Marx adalah. . .
a.       Alat atau wewenang yang mengatur persoalan bersama atas nama rakyat
b.      Organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang mendiami wilayah tertentu
c.       Organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tujuan untuk mengatur masyarakat dengan kekuasaannya
d.      Alat kelas yang berkuasa untuk menindas kelas lain
e.      Organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintetis dari kemerdekaan individual


2.       Perhatikan konsep berikut!
Kehendak golongan/bangsa
Negara
Konsep tersebut menjelaskan pengertian negara yang dikemukakan oleh. 
a.      Kranenburg
b.      Hegel
c.       Logemann
d.      George Jellinek
e.      Roger F. Soltau


3.       Perhatikan alur berikut!
Keluarga      →           Kelompok masyarakat dipimpin kepala suku
                                                                                      ↓
Kesadaran membentuk negara         →           Kepala suku menjadi raja
Alur tersebut menunjukkan fase terjadinya negara dari fase. . . menjadi fase. . .
a.       Genootschaft, rijk
b.      Rijk, genootschaft
c.       Rijk, negara nasional
d.      Negara demokrasi, negara nasional
e.      Negara oligarki, negara demokrasi


4.       Perhatikan informasi berikut!
Sebelum menjadi negara Israel tidak memiliki wilayah sama sekali. Selanjutnya, Israel melakukan gerilya ke negara Arab (Palestina). Israel aktif melakukan pengusiran dan serangan hingga akhirnya mereka memperoleh sebagian besar wilayah Palestina, Suriah, Yordania, dan Mesir. Setelah memperoleh wilayah, Israel segera mendeklarasikan dirinya sebgai negara merdeka tahun 1948. Saat ini Israel masih terus memperluar wilayahnya.
Jika dikaitkan dengan proses pertumbuhan sekunder, negara Israel memperoleh wilayah negara dengan cara. . .
a.       Proclamation
b.      Separatism
c.       Innovation
d.      Accessie
e.      Anexatie


5.       Perhatikan sejarah terbentuknya negara berikut!
Terbentuknya federasi Kerajaan Jerman pada tahun 1871. Pada mas abad IX hingga tahun 1806 daerah Kekaisaran Jerman mencakup wilayah Jerman, Austria, Slovenia, Ceko, Polandia Barat, Perancis Timur, Swiss, dan Italia Utara. Pada perkembangan selanjutnya, terjadi Perang Napoleon sehingga terbentuk federasi Kerajaan Jerman pada tahun 1871-1918.
Negara dalam sejarah tersebut terbentuk melalui. . .
a.       Occupatie
b.      Fusi
c.       Cessie
d.      Accessie
e.      Anexatie


6.       Perhatikan deskripsi berikut!
Dalam proses pertumbuhan primer sebuah negara terbentuk dari keluarga, keluarga menjadi kelompok masyarakat (dipimpin seorang kepala suku), kepala suku menjadi raja, dan terbentuklah negara nasional (diperintah raja). Kepemimpinan bersifat absolute sehingga menimbulkan reaksi dari rakyat. Rakyat menginginkan pemerintahan yang prorakyat sehingga muncul negara demokrasi.
Primus interpares dalam deskripsi tersebut disandang oleh. . .
a.       Keluarga
b.      Kelompok masyarakat
c.       Kepala suku
d.      Raja
e.      Rakyat


7.       Perhatikan gambar berikut!











Negara dengan bendera pada gambar memiliki susunan negara. . .
a.       Republik
b.      Monarki
c.       Persatuan
d.      Serikat
e.      Unitaris


8.       Negara melakukan perbaikan jalan raya, memasilitasi kesehatan masyarakat dengan membangun puskesmas. Negara juga meningatkan kepedulian akan pendidikan dengan program wajib belajar 12 tahun san SM3T atau Sarjana Mengajar di pulau Terdepan, Terluar, dan Terdalam. Upaya pemerintah ini menunjukkan pelaksanaan salah satu fungsi Negara, yaitu. . .
a.       Diplomatik
b.      Pertahanan
c.       Penyediaan
d.      Keadilan
e.      Pengawasan


9.       Perbedaan antara fungsi negara menurut Montesquieu dan fungsi negara menurut John Locke terdapat dalam pernyataan. . .
a.       Montesquieu menempatkan fungsi eksekutif sebagai pembuat undang-undang
b.      John Locke memasukkan fungsi federatif, sedangkan Montesquieu memasukkan fungsi yudikatif
c.       Fungsi yudikatif Montesquieu menggantikan fungsi federatif John Locke
d.      John Locke mengemukakan dua fungsi negara, sedangkan Montesquieu tiga fungsi
e.      John Locke tidak memasukkan unsur yudikatif, sedangkan Montesquieu memasukkan unsur federatif


10.   Deskripsi tentang daerah perwalian yang tepat terdapat pada pilihan jawaban. . a.       Daerah perwalian dapat dibedakan menjadi dua macam
b.      Daerah perwalian belum mempunyai pemerintahan sendiri
c.       Daerah perwalian dilindungi oleh negara lain yang disebut saheren
d.      Daerah perwalian adalah daerah jajahan negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia II
e.      Daerah perwalian suatu daerah jajahan negara lain, bukan termasuk negara merdeka merupakan bagian dari negara jajahan

B.      KERJAKAN SOAL-SOAL BERIKUT!

1.       Pemerintah Indonesia menetapkan mata uang rupiah dan nilai nominalnya sebagai alat pembayaran untuk seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, tidak akan timbul masalah terkait nilai nominal dalam transaksi ekonomi di seluruh wilayah Indonesia. Tuliskan pengertian negara yang sejalan dengan pernyataan di atas!
Jawaban         : Pengertian negara yang sejalan dengan pernyataan tersebut adalah pengertian negara menurut Roger F. Soltau bahwa negara adalah alat (agency) / wewenang (authority) yang mengatur / mengendalikan persoalan bersama atas nama rakyat. Seperti pemerintah Indonesia yang menetapkan mata uang untuk transaksi ekonomi.


2.       Perhatikan kasus berikut!
Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara menjatuhkan vonis hukuman lima tahun penjara dan denda sebesar Rp 1 miliar (subside enam bulan penjara) kepada Fabian Efendi, pemilik PD Doa Bersama karena terbukti bersalah mencuri air milik PT PAM Lyonnaise Jaya. Majelis Hakim yang diketuai oleh Abdul Rosyad memutuskan vonisnya tersebut atas dasar pertimbangan dari tiga dakwaan yang dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).
Jelaskan sifat yang dimiliki negara berkaitan dengan kasus di atas!
Jawaban         : Sifat yang dimiliki negara berkaitan dengan kasus tersebut adalah sifat memaksa. Artinya, negara memiliki kekuasaan yang sah untuk memaksa setiap rakyatnya tunduk terhadap peraturan yang ada. Hal ini dilakukan agar dapat menciptakan kondisi yang aman dan tertib serta mencegah munculnya tindakan anarki.


3.       Perhatikan gambar berikut!













Tentukan cara pembentukan negara berdasarkan teori pertumbuhan sekunder pada negara yang dipimpin oleh kepala negara pada gambar di atas!
Jawaban         : Cara pembentukan negara berdasarkan teori pertumbuhan sekunder di Timor Leste adalah separatisme (pemisahan) . Separatisme adalah suatu wilayah negara yang memisahkan diri dari negara yang semula menguasainya dan kemudian menyatakan kemerdekaan.


4.       Identifikasikan cara terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan teori pertumbuhan primer!
Jawaban         : NKRI terbentuk karena fase negara demokrasi. Rakyat yang semakin lama memiliki keinginan kesadaran kemudian tidak ingin diperintah oleh raja yang absolut. Ada keinginan rakyat untuk mengendalikan pemerintahan dan memilih pemimpinnya sendiri yang dianggap dapat mewujudkan aspirasi mereka. Fase ini lebih dikenal dengan nama kedaulatan rakyat yang pada akhirnya mendorong lahirnya negara demokrasi.


5.       Perhatikan gambar berikut!










Jelaskan bentuk kenegaraan pada negara berbendera seperti gambar sebelum negara tersebut merdeka!
Jawaban         : Bentuk kenegaraan negara Brunei Darussalam adalah negara protektorat colonial. Negara protektorat kolonial adalah protektorat yang mengharuskan negara yang dilindungi menyerahkan segala urusan luar dan dalam negeri serta pertahanan keamanannya kepada pemerintah yang melindunginya. Negara protektorat kolonial ini tidak menjadi subjek hokum internasional. Contohnya negara Brunei Darussalam sebelum merdeka merupakan negara protektorat Inggris.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar